virus tembakau


Pada tahun 1883 petani tembakau mengalami kerugian yang amat besar. Peristiwa ini disebabkan oleh penyakit bintik-bintik kuning pada daun tembakau yang dapat menyebar secara cepat. Hal ini menyebabkan kualitas tembakau menjadi menurun, sekaligus menurunkan harga tembakau bahkan dapat tidak berharga sama sekali.
                Pada tahun 1883 seorang ilmuwan Jerman bernama Adolf Mayer mencoba untuk menemukan penyebab penyakit bintik-bintik kuning yang menyerang tanaman tembakau. Mula-mula dia mengamati daun yang terkena penyakit bintik-bintik kuning. Dalam pengamatannya dia menemukan bahwa penyakit bintik kuning ini dapat menyebar secara cepat dari satu pohon ke pohon lain. Sehingga dia mengambil hipotesa bahwa penyakit bintik-bintik kuning ini disebabkan oleh mikroba sejenis bakteri. Lalu ia melakukan percobaan untuk menemukan penyebab pasti dari penyakit bintik-bintik kuning ini.
                Pada percobaannya, Mayer pertama-tama mengambil daun yang sehat dan daun yang terkena penyakit. Dia menggerus kedua daun tersebut secara terpisah untuk diambil ekstraknya kemudian disaring dengan alat filtrasi/penyaring khusus yang tidak dapat dilalui oleh bakteri.

0 komentar:

Posting Komentar